A. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL/PLO) Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

Capaian pembelajaran lulusan (CPL/PLO) Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia terdiri atas enam PLO berikut.

Kategori

Program Learning Outcomes (PLO)

Sikap

PLO-1

Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan  profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Keterampilan umum

PLO-2

Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif. 

PLO-3

Terampil mendesiminasikan hasil penelitian/kajian pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA, serta bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan interdispliner/ multidisipliner  yang diakui secara nasional/internasional

pengetahuan

PLO-4

Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan.

PLO-5

Mengembangkan konsep teoretis kebahasaan dan kesastraan Indonesia dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner.

Keterampilan khusus

PLO-6

terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta  memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA.

PLO-7

terampil mengembangkan kajian kebahasaan dan kesastraan dengan mengaplikasikan teori dan konsep dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner, serta  memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang kebahasaan dan kesastraan.


B. Hasil Evaluasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL/PLO) Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

Evaluasi capaian kinerja prodi S-2 PBI Unesa dilakukan dalam bentuk rapat evaluasi kinerja Prodi S-2 PBI Unesa. Evaluasi tersebut didasarkan beberapa laporan, seperti hasil audit mutu internal, laporan ACKP Fakultas Bahasa dan Seni, hasil evaluasi ketercapaian PLO Prodi S-2 PBI Unesa, dan beberapa hasil monev pembelajaran. Hasil evaluasi ketercapaian PLO Prodi S-2 PBI Unesa dapat dilihat pada bagan di bawah ini.

Dari gambar di atas, terdapat beberapa PLO yang masih pada persentase yang kurang daripada PLO lainnya, yaitu.

1. PLO-1: Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan  profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia;

2. PLO-2: Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif;

3. PLO-4: Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan; 

4. PLO-6: terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta  memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA. Secara umum, pencapaian PLO yang kurang terdapat pada PLO yang berkaitan dengan pengembangan karakter mahasiswa dan pemecahan permasalahan, baik teoretis maupun praktis, pada pembelajaran bahasa Indonesia.